Kunci keberhasilan dalam menjalankan bisnis online shop, salah satunya
adalah strategi. Tanpa strategi dan perencanaan yang jelas, maka bisnis
online tersebut bisa dipastikan akan kandas di tengah jalan.
Strategi yang matang bukan hanya untuk mempertahankan bisnis agar bisa tetap survive, lebih dari itu, strategi yang tepat juga dapat menaikkan omset bisnis online Anda hingga berkali-kali lipat.
Pentingya strategi inilah yang seharusnya disadari oleh para pebisnis online jika ingin produk yang mereka jual bisa laris di pasaran.
Kabar baiknya, disini saya akan berbagi 6 strategi yang sudah terbukti ampuh untuk menaikkan omset penjualn bisnis online shop Anda. Mungkin tak perlu berlama-lama, langsung saja Anda simak kelima strategi meningkatkan omset penjualan bisnis online.
Strategi yang matang bukan hanya untuk mempertahankan bisnis agar bisa tetap survive, lebih dari itu, strategi yang tepat juga dapat menaikkan omset bisnis online Anda hingga berkali-kali lipat.
Pentingya strategi inilah yang seharusnya disadari oleh para pebisnis online jika ingin produk yang mereka jual bisa laris di pasaran.
Kabar baiknya, disini saya akan berbagi 6 strategi yang sudah terbukti ampuh untuk menaikkan omset penjualn bisnis online shop Anda. Mungkin tak perlu berlama-lama, langsung saja Anda simak kelima strategi meningkatkan omset penjualan bisnis online.
1. Lakukan A/B Test
A/B Test adalah cara untuk melihat perbandingan konversi, dengan melakukan A/B Test maka kita bisa melihat mana tampilan yang menghasilkan konversi penjualan terbesar. Sederhananya, A/B Testing sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan online.
A/B Test disini mencangkup berbagai hal, khususnya dalam hal desain dan pemilihan teks. Contoh mudahnya Anda bisa mencoba melakukan A/B Test pada tombol pembelian :
- A Test : Beli Sekarang
- B Test : Belanja Sekarang
Dengan melakukan kedua percobaan tersebut maka akan didapatkan hasil kalimat apa yang mempunyai konversi paling tinggi dan selanjutnya Anda bisa melakukan A/B Testing pada desain tombol tersebu.
2. Tambahkan Widget Testimonial
SEO (Search Engine Optimization) atau sederhanya bisa diartikan sebagai
sebuah teknik mengoptimalkan blog agar mendapatkan ranking 1 di Google
merupakan strategi paling tepat untuk mendongkrak penjualan bisnis
online Anda.
Masalahnya, SEO ini bukanlah ilmu pasti, jadi tidak cukup dimengerti hanya dengan membacanya saja, namun juga harus disertai dengan praktek atau orang-orang teknik menyebutnya trial and error.
Saya tidak akan panjang lebar menjelaskan apa itu seo dan semacamnya, karena Anda sudah berada di blog yang tepat untuk belajar seo, meski Anda seorang pemula sekalipun.
Perlu diketahui bahwa SEO pada website online shop bisa dibilang jauh lebih susah dibanding men-SEO-kan website dengan jenis blog. Namun jangan khawatir karena ada triknya, yaitu dengan memaksimalkan heading tag untuk tiap halaman produk. Misalnya dengan menambahkan tag H1 pada judul produk, tag H2 untuk sub-judul produk dan tag H3 untuk kategori produk.
Masalahnya, SEO ini bukanlah ilmu pasti, jadi tidak cukup dimengerti hanya dengan membacanya saja, namun juga harus disertai dengan praktek atau orang-orang teknik menyebutnya trial and error.
Saya tidak akan panjang lebar menjelaskan apa itu seo dan semacamnya, karena Anda sudah berada di blog yang tepat untuk belajar seo, meski Anda seorang pemula sekalipun.
Perlu diketahui bahwa SEO pada website online shop bisa dibilang jauh lebih susah dibanding men-SEO-kan website dengan jenis blog. Namun jangan khawatir karena ada triknya, yaitu dengan memaksimalkan heading tag untuk tiap halaman produk. Misalnya dengan menambahkan tag H1 pada judul produk, tag H2 untuk sub-judul produk dan tag H3 untuk kategori produk.
4. Manfaatkan Media Sosial
Saya tau betul sulitnya optimasi website online shop dan solusinya
adalah dengan memanfaatkan media sosial. Ya, media sosial merupakan
ladang untuk mencari pengunjung sebanyak-banyaknya.
Mendapatkan ratusan pengunjung dari media sosial seperti Facebook, Twitter dan Google Plus terbilang jauh lebih mudah dibanding dari organic search (hasil pencarian Google).
Media sosial juga memiliki berbagai fitur yang sangat membantu untuk memudhakan kita dalam melakukan aktifitas jual beli online, misalnya di Facebook terdapat Fanspage dan di Google Plus ada Google+ Page.
Bahkan di Google+ Page juga tersedia fitur Local Business Page yang sangat memudahkan untuk mendapatkan pelanggan yang berasal dari kota yang sama dengan Anda. Pelajari juga Cara Memasarkan Produk yang Baik di media sosial.
Mendapatkan ratusan pengunjung dari media sosial seperti Facebook, Twitter dan Google Plus terbilang jauh lebih mudah dibanding dari organic search (hasil pencarian Google).
Media sosial juga memiliki berbagai fitur yang sangat membantu untuk memudhakan kita dalam melakukan aktifitas jual beli online, misalnya di Facebook terdapat Fanspage dan di Google Plus ada Google+ Page.
Bahkan di Google+ Page juga tersedia fitur Local Business Page yang sangat memudahkan untuk mendapatkan pelanggan yang berasal dari kota yang sama dengan Anda. Pelajari juga Cara Memasarkan Produk yang Baik di media sosial.
5. Gunakan Instant Messaging
Perlahan tapi pasti, sekarang orang mulai beralih dari media sosial ke
instant messaging, karena dinilai lebih praktis dan mudah untuk
digunakan.
Jadi tak heran jika dihampir seluruh smartphone pasti setidaknya terdapat 1 aplikasi instan messaging, entah itu Whatsapp, BBM (blackberry messenger), Line atau yang lainnya.
Untuk itu wajib bagi para pebisnis online untuk mengikuti trend yang ada dengan membuat akun pada tiap aplikasi instant messaging. Karena yang saya pernah dengar, konversi terjadinya closing saat bertransaksi di instant messaging jauh lebih besar dibanding dengan transaksi melalui media sosial.
Jadi tak heran jika dihampir seluruh smartphone pasti setidaknya terdapat 1 aplikasi instan messaging, entah itu Whatsapp, BBM (blackberry messenger), Line atau yang lainnya.
Untuk itu wajib bagi para pebisnis online untuk mengikuti trend yang ada dengan membuat akun pada tiap aplikasi instant messaging. Karena yang saya pernah dengar, konversi terjadinya closing saat bertransaksi di instant messaging jauh lebih besar dibanding dengan transaksi melalui media sosial.
6. Perhatikan Timing
Dalam melakukan promosi di media sosial, ada tips menjual barang secara online
yang perlu diketahui agar produk yang Anda promosikan tersebut
mendapatkan jangkauan yang maksimal, yap indikator yang saya maksud
adalah timing atau waktu promosi.
Berdasarkan pengamatan saya (dilihat dari user online), waktu paling tepat untuk melakukan promosi di media sosial adalah :
Berdasarkan pengamatan saya (dilihat dari user online), waktu paling tepat untuk melakukan promosi di media sosial adalah :
- Pagi jam 6 -7
- Siang jam 12 - 1
- Sore jam 4 - 5
- Malam jam 8 - 10
Itulah jam-jam viral yang menurut saya memiliki konversi cukup tinggi, karena pada jam tersebut jumlah teman online yang ada di akun Facebook saya mencapai jumlah tertinggi.
Dengan menerapkan keenam Strategi Jitu Menaikkan Omset Penjualan Bisnis
Online Shop diatas, saya harapkan omset atau pendapatan Anda dari bisnis
online shop bisa meningkat pesat. Dan tentunya masih banyak strategi
jitu lain yang tak mungkin saya sebutkan semua disini, karena sebagian
ada yang sifatnya rahasia perusahaan jadi silahkan Anda kembangkan
sendiri cara promosi online yang menurut Anda mampu menghasilkan konversi penjualan paling tinggi.
ConversionConversion EmoticonEmoticon